Senin, 09 April 2012

Biografi Tokoh



Sosok Pemikir : Tan Malaka

  • Identitas Tokoh

Nama                                 : Ilyas Hussein
Tempat Lahir                      : Serang, Banten
Tanggal Lahir                      : 2 Juni 1897
Tanggal Wafat                     : 21 Februari 1949
Bidang Keahlian                  : Filsafat, Ilmu pengetahuan dan Politik
  • Perjalanan Karier tokoh:
     Ilyas Hussein ialah nama pemberian ayahnya. Ilyas Hussein dilahirkan di Serang, Banten. Saat masih bayi Tan Malaka dibawa orang tuanya Merantau ke Bukittinggi. Di Bukittinggi ia tumbuh hingga usia remaja. Masa kecilnya dihabiskan di sana. Tan Malaka sering bepergian keluar ataupun dalam negeri. Sehingga dia mempunyai banyak kenalan. Sejak kecil Tan Malaka tidak pernahberada di lingkungan militer. Ia dan keluarganya juga tidak punya kenalan militer saat kecil. Sehingga kehidupannya jauh dari militer.ia tidak pernah ikut dalam perjuangan mengangkat saenjata.ia lebih memilih berjuang melalui jalan intelektualitas. Tan Malaka terbunuh karena ketidaksamaan pandangan Politik.

  • Pemikiran-pemikiran Tokoh:

     Menurut Tan Malaka, menjadi penguasa itu tidak hanya sekedar memimpin dan memerintah orang lain. penguasa harus mampu menerjemahkan suatu keadaan di sekitarnya dan mengendalikannya. Orang yang belum mampu menerjemahkan dan mengendalikan suatu keadaan bukanlah penguasa atau pemimpin meski ia memiliki gelar dan jabatan. jabatan hanyalah sebuah gelar, sementara KEKUASAAN atau KEPEMIMPINAN itu melampaui segalanya. Selain itu, penguasa atau pemimpin harus memayungi dan melindungi orang-orang yang dipimpinnya, termasuk juga dirinya sendiri.
     Prinsip TUT WURI HANDAYANI hanya dapat dijalankan oleh pemimpin yang memiliki jati diri. Handayani berarti memberi daya (dorongan) dan nilai-nilai pada orang-orang yang dipimpinnya.

Madilog (Materialisme,Dialektika,Logika)
     Merupakan istilah baru dalam cara pikir dengan menghubungkan ilmu bukti serta mengembangkan dengan jalan dan metode yang sesuai dengan akar dan urat kebudayaan indonesia sebagai bagian dari kebudayaan dunia. Bagi madilog yang pertama adalah bukti.
  • Prestasi-prestasi Tokoh:

Tan Malaka pernah diberi mandat oleh Presiden Soekarno bahwa jika beliau (Soekarno) tidak bisa lagi menjadi pemimpin maka Tan Malaka lah yang menggantikannya. Dalam hal ini Tan Malaka menafsirkan bahwa yang dimaksud Soekarno adalah pemimpin golongan muda dalam memajukan bangsa dimasa depan.
     

Selain itu Tan Malaka pernah dianugerahi sebagai pahlawan nasional oleh presiden Soekarno.

  • Perilaku hidup yang bisa diteladani dari tokoh:

     Tan malaka bergerak dengan jalan pikirannya sendiri yaitu pergerakan kemerdekaan tanpa fisik namun pemikiran. Dalam hal ini Tan Malaka memiliki pengetahuan politik yang cukup besar. Dia juga senang berpergian dalam mencari ilmu oleh karena itu dia banyak mendapat kenalan dari dalam maupun luar negeri seperti belanda, inggris, rusia, china dan yang lain.

  • Sumbagsih Tokoh bagi daerah/negara/dunia  :

     Tan Malaka telah membawa Indonesia ke gerbang kemerdekaannya walaupun dengan caranya sendiri yang agak pro kontra.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar